S – 218/PJ/2015

Tinggalkan komentar

1 Februari 2017 oleh kucinglucu

KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA

DIREKTORAT JENDERAL PAJAK

________________________________________________________________

10 Maret 2015

SURAT DIREKTUR JENDERAL PAJAK

 NOMOR S – 218/PJ/2015

TENTANG

PENEGASAN PELAKSANAAN SE-27/PJ/2013

TENTANG PENCEPATAN PELAKSANAAN PEREKAMAN SPT

DIREKTUR JENDERAL PAJAK,

 

Dalam rangka mengamankan penerimaan pajak tahun 2015 dan mendukung kegiatan penggalian potensi untuk menguji kepatuhan Wajib Pajak serta melaksanakan Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak nomor SE-27/PJ/2013 tentang Percepatan Pelaksanaan Perekaman Surat Pemberitahuan (SPT), dengan ini disampaikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Sampai dengan saat ini masih terdapat tunggakan perekaman SPT yang harus diselesaikan oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) dengan jumlah tunggakan per Kantor Wilayah sebagaimana terlampir. Detil tunggakan perekaman SPT per KPP dapat dilihat pada Sistem Informasi DJP (SIDJP) menu Informasi dan Monitoring > SPT> Monitoring Pengolahan SPT;

Mengacu pada SE-27/PJ/2013 dan agar tunggakan perekaman SPT dapat segera diselesaikan, Kepala KPP agar melakukan hal-hal sebagai berikut:

a. Melakukan inventarisasi jumlah SPT yang belum selesai dilakukan perekaman dan menetapkan target penyelesaian perekaman yang akan dilakukan oleh pegawai KPP. Untuk perekaman SPT yang tidak dapat diselesaikan oleh pegawai KPP agar dilakukan perekamannya oleh pihak ketiga;

b. Melakukan penghitungan dan pengalokasian anggaran untuk pelaksanaan penyelesaian tunggakan perekaman SPT yang akan dilakukan oleh pihak ketiga sesuai dengan ketentuan yang berlaku;

c. Menyiapkan sarana dan prasarana pendukung perekaman SPT oleh pihak ketiga;

d. Melakukan penjaminan mutu hasil perekaman SPT baik yang dilakukan oleh pegawai KPP maupun yang dilakukan oleh pihak ketiga, sehingga data yang tersaji dalam sistem informasi DJP merupakan data yang lengkap dan benar.

e. Melakukan pengawasan penyelesaian tunggakan perekaman SPT dan melaporkannya setiap 1 (satu) bulan sekali kepada Kepala Kantor Wilayah atasannya.

  1. Dimohon bantuan Kepala Kantor Wilayah untuk:

a. Menginstruksikan kepada Kepala KPP dalam wilayah kerja masing-masing untuk melakukan percepatan penyelesaian tunggakan perekaman SPT dengan mengacu pada tata cara sebagaimana diatur dalam SE-27/PJ/2013 tersebut;

b. Melakukan pengawasan dan pemantauan atas penyelesaian tunggakan perekaman SPT di KPP dalam wilayah kerjanya serta menyampaikan laporan kepada kami, antara lain:

i. Laporan Bulanan Kemajuan Inventarisasi SPT yang Belum Direkam;

ii. Laporan Bulanan Kemajuan Perekaman SPT-SPT Balanced;

iii. Laporan Bulanan Kemajuan Perekaman SPT-SPT Unbalanced; dan

iv. Laporan Bulanan Kemajuan Perekaman SPT-SPT yang tidak dapat direkam, dengan format laporan sebagaimana diatur dalam SE-27/PJ/2013 dan format penamaan file laporan yaitu LAP<kode laporan>_<KWL<3 digit kode Kanwil>_<2 digit bulan>_<4 digit tahun>. Contoh: LAPV11_KWL010_02_2015 untuk Laporan Bulanan Kemajuan Inventarisasi SPT yang Belum Direkam Kanwil DJP Aceh bulan Pebruari tahun 2015;

c. Menganalisis permasalahan dan kendala yang dihadapi KPP dalam menyelesaikan tunggakan perekaman SPT;

d. Menyampaikan laporan bulan Pebruari tahun 2015 dan permasalahan terkait penyelesaian tunggakan perekaman SPT kepada kami paling lambat tanggal 20 Maret 2015 dengan cara upload file laporan dalam bentuk Microsoft Excel melalui Portal Pertukaran Data Internal. Untuk laporan dan permasalahan bulan Maret 2015 dan seterusnya agar disampaikan kepada kami paling lambat tanggal 20 bulan berikutnya.

  1. Terkait penyampaian SPT dalam bentuk e-SPT dan dalam rangka melakukan tata kelola yang baik atas data yang berbentuk elektronik, dimohon bantuan Kepala KPP agar melakukan pengadministrasian dan pengelolaan file e-SPT dengan cara melakukan penyimpanan file e-SPT (csv) yang dilaporkan oleh Wajib Pajak di tempat khusus (komputer, server, atau harddisk NAS) dan secara rutin melakukan backup terhadap file tersebut, sehingga dalam hal terdapat kegagalan proses loader e-SPT dapat dilakukan proses load ulang atas file csv tersebut.

Demikian disampaikan, atas perhatian dan kerja samanya diucapkan terima kasih.

 

DIREKTUR,

ttd

IWAN DJUNIARDI

berikut lampiran S – 218/PJ/2015

 

http://www.peraturanpajak.com

info@peraturanpajak.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Hubungi Kami :

Jika ada pertanyaan tentang peraturan pajak , silahkan :

Email ke :
omni@pemeriksaanpajak.com

Whatsapp : 0812 932 70074

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti peraturanpajak.,com dan menerima pemberitahuan tentang artikel baru di email anda.

Bergabunglah dengan 2.582 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: