KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA

DIREKTORAT JENDERAL PAJAK

_____________________________________________________________________

30 Maret 2015

SURAT DIREKTUR JENDERAL PAJAK

NOMOR S – 127/PJ/2015

TENTANG

PELAKSANAAN PENYAMPAIAN SPT TAHUNAN

PAJAK PENGHASILAN DALAM BENTUK

ELEKTRONIK UNTUK TAHUN 2015

DIREKTUR JENDERAL PAJAK,

Sehubungan dengan terbitnya Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-03/PJ/2015 tanggal 13 Februari 2015 tentang Penyampaian Surat Pemberitahuan Elektronik, disampaikan hal-hal sebagai berikut:

1. Dalam Pasal 4 Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-03/PJ/2015 tersebut diatur mengenai kriteria Wajib Pajak tertentu yang harus melaporkan SPT Tahunan Pajak Penghasilan dalam bentuk elektronik yaitu:
a. Wajib Pajak yang diwajibkan menyampaikan SPT Masa Pajak Penghasilan Pasal 21 dalam bentuk dokumen elektronik sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan dan memiliki kewajiban untuk melaporkan SPT Tahunan Pajak Penghasilan;
b. Wajib Pajak yang diwajibkan menyampaikan SPT Masa Pajak Pertambahan Nilai dalam bentuk dokumen elektronik sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan dan memiliki kewajiban untuk melaporkan SPT Tahunan Pajak Penghasilan;
c. Wajib Pajak yang sudah pernah menyampaikan SPT Elektronik; atau
d. Wajib Pajak yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Madya, Kantor Pelayanan Pajak di lingkungan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jakarta Khusus dan Kantor Pelayanan Pajak di lingkungan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Wajib Pajak Besar.

2. Sebagai tindak lanjut Peraturan Direktur Jenderal Pajak tersebut di atas, Kantor Pelayanan Pajak agar melakukan sosialisasi terkait keharusan pelaporan SPT Tahunan Pajak Penghasilan dalam bentuk elektronik kepada Wajib Pajak terdaftar yang memenuhi kriteria sebagaimana dimaksud pada angka 1, termasuk Wajib Pajak dalam lampiran surat nomor S-66/PJ/2015 tanggal 6 Maret 2015 hal Himbauan dan Sosialisasi Penyampaian SPT Tahunan Pajak Penghasilan Orang Pribadi dalam Bentuk Elektronik.

3. Mengingat batas akhir pelaporan SPT Tahunan Pajak Penghasilan untuk tahun 2015 dan mempertimbangkan keterbatasan waktu pelaksanaan sosialisasi sebagaimana dimaksud pada angka 2, KPP Pratama tetap dapat menerima pelaporan SPT Tahunan Pajak Penghasilan yang dilaporkan pada tahun 2015 oleh Wajib Pajak yang memenuhi kriteria sebagaimana dimaksud pada angka 1 tetapi tidak menyampaikan SPT dalam bentuk elektronik.

4. Wajib Pajak KPP Pratama yang memenuhi kriteria Pasal 4 ayat (1) huruf a, b, atau c PER-03/PJ/2015 yang telah menyampaikan SPT berbentuk formulir kertas, tetap dianggap menyampaikan SPT pada saat penyampaian pertama.

Demikian disampaikan untuk dilaksanakan.

Direktur Jenderal,

ttd.

Sigit Priadi Pramudito
NIP 195909171987091001

Tembusan :
1. Sekretaris Direktorat Jenderal Pajak
2. Para Direktur dan Tenaga Pengkaji

http://www.peraturanpajak.com

info@peraturanpajak.com

Tinggalkan Balasan