KEMENTERIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA

DIREKTORAT JENDERAL PAJAK

______________________________________________________________________________________

13 Juni 2016

SURAT DIREKTUR JENDERAL PAJAK

NOMOR S – 127/PJ.13/2016

TENTANG

IMPLEMENTASI LAYANAN PEMBUATAN KODE BILLING PAJAK

MELALUI PETUGAS BANK/SARANA LAINNYA

DIREKTUR JENDERAL PAJAK,

Menindaklanjuti hasil rapat antara Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dengan PT ABC berdasarkan undangan Direktur Transformasi Proses Bisnis nomor Und-165/PJ.13/2016 tanggal 20 Mei 2016, dengan ini disampaikan hal-hal sebagai berikut:

1. Rapat dilaksanakan pada hari Jumat, tanggal 27 Mei 2016 bertempat di Ruang Rapat Implementasi Direktorat Transformasi Proses Bisnis yang dihadiri oleh perwakilan dari PT XYZ.

2. Perwakilan dari PT XYZ adalah Sdr. ABC, Sdr. BCA, Sdr. CBA & Sdr. BBB.

3. Hal-hal yang menjadi pokok bahasan dalam rapat tersebut antara lain:

a. Pembahasan progress report pengembangan pembuatan kode billing pajak melalui Petugas Bank atau sarana lainnya dan implementasinya.

b. Pembahasan dimaksud diatas terbagi menjadi 6 (enam) sub pokok bahasan yang meliputi:

i. Pengembangan sistem pembuatan kode billing melalui petugas bank;

ii. Pengembangan Standard Operating Procedure (SOP) fitur pembuatan kode billing melalui petugas bank;

iii. Sosialisasi di lingkungan internal bank;

iv. Implementasi pembuatan kode billing melalui petugas bank di unit vertikal bank;

v. Edukasi kepada nasabah/Wajib Pajak; dan

vi. Saluran komunikasi dan pengaduan.

c. Selanjutnya berdasarkan hasil paparan yang disampaikan oleh perwakilan PT XYZ terkait dengan 6 (enam) sub pokok bahasan di atas maka diperoleh kesimpulan bahwa:

i. PT. XYZ telah selesai mengembangkan sistem pembuatan kode billing melalui petugas bank dan diimplementasikan di Customer Service bank;

ii. SOP yang bertujuan untuk menjaga validasi dan akurasi data pembayaran juga telah disusun;

iii. Sosialisasi di lingkungan internal juga sudah dilakukan;

iv. Penerapan layanan pembuatan kode billing melalui petugas bank telah diimplementasikan dan sudah dilaksanakan mulai bulan Januari 2016 pada unit vertikal bank yaitu pada seluruh Kantor Cabang (KC) sampai dengan Kantor Kas (KK);

v. Edukasi kepada nasabah bank juga sudah dilakukan dengan berbagai event; dan

vi. Untuk saluran komunikasi dan pengaduan dapat menghubungi Call Center Mandiri;

4. Berkenaan dengan hasil rapat yang telah dipaparkan PT XYZ kepada DJP maka perlu disampaikan beberapa hal sebagai berikut:

a. Dalam upaya langkah preventif penutupan sistem MPN-G1 dan pemberlakuan sistem MPN-G2 per 1 Juli 2016 sesuai dengan surat Direktorat Jenderal Perbendaharaan nomor S-5225/PB/2015 dimohon bantuan kepada PT XYZ agar segera melakukan sosialisasi internal terkait layanan pembuatan kode billing melalui petugas bank terutama kepada seluruh Customer Service di seluruh unit kerja Kantor Cabang dan Kantor Kas.

b. Tujuan utama sosialisasi internal tersebut agar Wajib Pajak tetap dapat melakukan pembayaran pajak melalui sistem MPN-G2 yang per 1 Juli 2016 akan diterapkan secara penuh.

c. Diharapkan kepada PT XYZ dapat menyampaikan surat kepada seluruh unit vertikalnya dengan tembusan kepada Direktur Jenderal Pajak atas layanan pembuatan kode billing melalui petugas bank.

d. Melalui perwakilan PT XYZ yang hadir pada rapat tersebut menyampaikan informasi dan berkomitmen bahwa pengembangan pembuatan kode billing melalui petugas bank telah selesai dan implementasi pembuatan kode billing melalui petugas bank telah selesai dan implementasi layanan pembuatan kode billing melalui petugas bank di Customer Service per bulan Januari 2016.

e. Dengan diterapkannya layanan pembuatan kode billing melalui petugas bank, Wajib Pajak yang hendak melakukan pembayaran pajak dengan membawa SSP dapat dilayani dan dibuatkan kode billing sesuai dengan uraian data pembayaran yang tertera pada SSP tersebut.

Demikan disampaikan, atas perhatian dan kerjasama Pimpinan PT XYZ diucapkan terima kasih.

A.n. DIREKTUR JENDERAL PAJAK

DIREKTUR TRANSFORMASI PROSES BISNIS,

ttd

HANTRIONO JOKO SUSILO

http://www.peraturanpajak.com

info@peraturanpajak.com

Tinggalkan Balasan