SURAT EDARAN DIREKTUR JENDERAL PAJAK NOMOR SE – 02/PJ.91/1999

Peraturan Pajak

SURAT EDARAN DIREKTUR JENDERAL PAJAK
NOMOR SE – 02/PJ.91/1999
TENTANG
BACK UP DATA KOMPUTER
DIREKTUR JENDERAL PAJAK,

Sehubungan dengan perkembangan sistem komputerisasi Direktorat Jenderal Pajak, dan memperhatikan situasi yang terjadi pada akhir-akhir ini yakni terjadinya peristiwa yang tidak terduga yang dapat menimpa gedung kantor Direktorat Jenderal Pajak di daerah-daerah (misalnya kebakaran), maka perlu dilakukan kegiatan back up data komputer dalam rangka mengamankan data komputer tersebut agar terhindar dari kerusakan, seperti terbakar, terkena virus, hilang, karena bencana alam, atau dicuri.

Untuk itu dipandang perlu menegaskan kembali kegiatan back up data komputer sebagai berikut :

  1. Kegiatan back up data komputer dilakukan untuk sistem aplikasi komputer yang digunakan di kantor Saudara (Aplikasi SIP, SISMIOP, Penerbitan LP2, Aplikasi Gaji dan TKPKN), menurut prosedur backup yang telah dibakukan untuk masing-masing sistem aplikasi.

  2. Media back up dapat berupa floppy/diskette, cartridge atau media komputer lain sesuai jenis komputer yang dipakai.

  3. Kegiatan backup terdiri dari :

    1. Back up harian
      Kegiatan back up harian dilakukan setiap sore hari kerja atau setelah selesai kegiatan pada hari kerja tersebut, dengan menggunakan media komputer yang berbeda untuk setiap harinya dalam satu minggu hari kerja. Media back up hari Senin dipergunakan kembali untuk hari Senin minggu berikutnya, demikian selanjutnya.

      Diperlukan lima buah media backup harian bagi kantor yang melakukan lima hari kerja dan enam buah media back up harian bagi kantor yang melakukan enam hari kerja. Untuk mempermudah identifikasi data, maka agar setiap media back up harian diberi label yang menunjukkan hari yang berkenaan.

    2. Back Up mingguan
      Kegiatan back up mingguan dilakukan setiap akhir minggu, yaitu pada hari Jum’at bagi kantor yang melakukan lima hari kerja atau hari Sabtu bagi kantor yang melakukan enam hari kerja. Apabila hari Jum’at atau Sabtu adalah hari libur, agar dilakukan pada hari kerja sebelumnya.

      Diperlukan media back up mingguan sebanyak lima buah, dengan penggunaan untuk minggu pertama, kedua dan seterusnya sampai dengan minggu kelima, selanjutnya media back up minggu pertama dapat dipergunakan kembali untuk minggu pertama bulan berikutnya.

      Seperti halnya media back up harian, untuk memudahkan identifikasi data, agar setiap media back up yang dipergunakan diberi label minggu yang berkenaan.

  4. Penyimpanan media back up.
    Media back up harus ditempatkan tidak berdekatan dengan komputer atau disimpan di tempat lain di luar kantor dengan maksud apabila data yang ada di komputer rusak/hilang/terbakar/banjir, maka data dapat diambil dari media back up yang tersimpan dengan baik.
    Khusus untuk media backup mingguan agar ditempatkan pada safe deposit box pada kantor bank terdekat.

Demikian agar dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

A.n. DIREKTUR JENDERAL,
KEPALA PUSAT PDIP
ttd

Drs. SUMIHAR PETRUS TAMBUNAN

Iklan


Kategori:1999, Lainnya, Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: