SURAT EDARAN DIREKTUR JENDERAL PAJAK NOMOR SE – 06/PJ.44/1999

Peraturan Pajak

SURAT EDARAN DIREKTUR JENDERAL PAJAK
NOMOR SE – 06/PJ.44/1999
TENTANG
PENEGASAN SURAT EDARAN DIREKTUR JENDERAL PAJAK NOMOR SE-16/PJ.44/1992 TANGGAL 12 MEI 1992  TENTANG PEMBAGIAN BONUS, GRATIFIKASI, JASA PRODUKSI DAN TANTIEM
DIREKTUR JENDERAL PAJAK,

 

Sehubungan dengan adanya pertanyaan-pertanyaan mengenai Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak perihal tersebut diatas yang dimuat dalam Himpunan Surat dan Surat Edaran tentang Pajak Penghasilan Tahun 1992 yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (KP.PPh 9.4), dengan ini ditegaskan sebagai
berikut :

  1. Pada kalimat terakhir butir 2 Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak yang dimuat dalam Himpunan Surat dan Surat Edaran tentang Pajak Penghasilan Tahun 1992 (KP. PPh 9.4) tercantum sebagai berikut :”Dengan demikian pembayaran Bonus, Gratifikasi dan Jasa Produksi semacam ini dapat dibebankan sebagai biaya perusahaan dalam menghitung penghasilan kena pajak”.

  2. Berdasarkan naskah asli Surat Edaran dimaksud pada butir 1, yang diedarkan Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak dengan menggunakan formulir Model KPS 13 a, kalimat tersebut berbunyi sebagai berikut : “Dengan demikian pembayaran Bonus, Gratifikasi dan Jasa Produksi semacam ini tidak dapat dibebankan sebagai biaya perusahaan dalam menghitung penghasilan kena pajak”.

  3. Berdasarkan hal tersebut diatas dengan ini ditegaskan bahwa kalimat kedua dalam Surat Edaran tersebut diatas yang tercantum dalam Himpunan Surat dan Surat Edaran tentang Pajak Penghasilan Tahun 1992 (Nomor : KP PPh 9.4), tidak sesuai dengan naskah aslinya sehingga yang berlaku adalah Surat Edaran yang secara resmi dikirimkan oleh Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak dengan menggunakan formulir Model KPS 13 a, yang menegaskan bahwa “Pembayaran Bonus, Gratifikasi dan Jasa Produksi dimaksud tidak dapat dibebankan sebagai biaya perusahaan dalam menghitung penghasilan kena pajak”.

Demikian untuk diketahui dan dilaksanakan sebagaimana mestinya.

DIREKTUR JENDERAL

ttd

A. ANSHARI RITONGA

www.peraturanpajak.com

info@peraturanpajak.com

WA: 0812 932 70074

Iklan


Kategori:1999, PPh, Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: