KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PAJAK NOMOR KEP – 47/PJ./1996

Peraturan Pajak

KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PAJAK
NOMOR KEP – 47/PJ./1996
TENTANG
PENETAPAN DASAR PENGENAAN PAJAK UNTUK MENGHITUNG PAJAK PERTAMBAHAN NILAI ATAS
PENYERAHAN PITA REKAMAN SUARA (KASET ISI), REKAMAN SUARA/LAGU DI ATAS DISC (COMPACT DISC),
DAN REKAMAN LAGU BESERTA TAYANGAN GAMBAR DI ATAS DISC (LASER DISC)

DIREKTUR JENDERAL PAJAK,

Menimbang :

  1. bahwa dengan Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-04/PJ.51/1994 tanggal 12 Januari 1994 tentang Penetapan Dasar Pengenaan Pajak Untuk Menghitung Pajak Pertambahan Nilai Atas Penyerahan Pita Rekaman Suara (kaset isi) telah ditetapkan Dasar Pengenaan Pajak untuk menghitung PPN yang terutang atas penyerahan pita rekaman suara (kaset isi);
  2. bahwa penetapan Dasar Pengenaan Pajak tersebut pada huruf a tidak sesuai lagi dengan perkembangan harga-harga pita rekaman suara (kaset isi) yang berlaku saat ini serta perkembangan media rekaman saat ini;
  3. bahwa sehubungan dengan hal-hal tersebut, dipandang perlu untuk menetapkan Dasar Pengenaan Pajak Pertambahan Nilai atas penyerahan pita rekaman suara (kaset isi), rekaman suara/lagu di atas disc (compact disc), dan rekaman lagu beserta tayangan gambar di atas disc (laser disc) dengan Keputusan Direktur Jenderal Pajak;

Mengingat :

  1. Keputusan Menteri Keuangan Nomor 193/KMK.01/1985 tentang Tata Cara Penggunaan Sticker dalam Pemungutan, Pelunasan dan Penyampaian Laporan Pajak Pertambahan Nilai 1984 Atas Pita Rekaman Suara (Kaset Isi);
  2. Keputusan Menteri Keuangan Nomor 425/KMK.04/1996 tentang Bentuk, Ukuran, Warna, Isi, Dan Teks Sticker Pajak Pertambahan Nilai Atas Penyerahan Rekaman Suara/Lagu Di Atas Disc (Compact Disc) dan Rekaman Lagu Beserta Tayangan Gambar Di Atas Disc (Laser Disc);

MEMUTUSKAN :

Menetapkan :

KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PAJAK TENTANG PENETAPAN DASAR PENGENAAN PAJAK UNTUK MENGHITUNG PAJAK PERTAMBAHAN NILAI ATAS PENYERAHAN PITA REKAMAN SUARA (KASET ISI), REKAMAN SUARA/LAGU DI ATAS DISC (COMPACT DISC), DAN REKAMAN LAGU/BESERTA TAYANGAN GAMBAR DI ATAS DISC (LASER DISC).

Pasal 1

(1)

Dasar Pengenaan Pajak untuk menghitung Pajak Pertambahan Nilai atas Pita Rekaman Suara (Kaset Isi) ditetapkan sebagai berikut :

  1. Rp.4.000,- (empat ribu rupiah), untuk penyerahan kaset isi jenis A, sehingga jumlah Pajak Pertambahan Nilai yang terutang adalah Rp.400,- (empat ratus rupiah) per kaset.

  2. Rp.8.500,- (delapan ribu lima ratus rupiah), untuk penyerahan kaset isi jenis B, sehingga jumlah Pajak Pertambahan Nilai yang terutang adalah Rp.850,- (delapan ratus lima puluh rupiah) per kaset.

(2)

Dasar Pengenaan Pajak untuk menghitung Pajak Pertambahan Nilai atas rekaman suara/lagu diatas disc (compact disc) ditetapkan sebagai berikut :

  1. Rp.10.000,- (sepuluh ribu rupiah), untuk penyerahan compact disc jenis CD.1, sehingga jumlah Pajak Pertambahan Nilai yang terutang adalah Rp.1.000,- (seribu rupiah) per kopi compact disc.

  2. Rp.15.000,- (lima belas ribu rupiah), untuk penyerahan compact disc jenis CD.2, sehingga jumlah Pajak Pertambahan Nilai yang terutang adalah Rp.1.500,- (seribu lima ratus rupiah) per kopi compact disc.

(3)

Dasar Pengenaan Pajak untuk menghitung Pajak Pertambahan Nilai atas rekaman lagu beserta tayangan gambar di atas disc (laser disc) ditetapkan Rp.75.000,- (tujuh puluh lima ribu rupiah) jenis LD.K, sehingga jumlah Pajak Pertambahan Nilai yang terutang adalah Rp.7.500,- (tujuh ribu lima ratus rupiah) per kopi laser disc.

(4)

Dalam penentuan Dasar Pengenaan Pajak sebagaimana dimaksud pada ayat (1), ayat (2), dan ayat (3) tersebut di atas telah diperhitungkan nilai tambah atas penyaluran/keagenan kaset isi, .compact disc, dan laser disc.

Pasal 2

(1)

Yang termasuk dalam pengertian kaset isi jenis A sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 ayat (1) huruf a adalah :

  1. Kaset lagu yang seluruh pencipta dan penyanyinya warga negara Indonesia, dan masternya dibuat di dalam negeri;

  2. Kaset lagu instrumentalia yang seluruh penciptanya warga negara Indonesia, dan masternya dibuat di dalam negeri;

  3. Kaset rekaman cerita, lawak, wayang dan rekaman lainnya dalam bahasa Indonesia/Daerah, dan masternya dibuat di dalam negeri;

  4. Kaset suara burung dan suara hewan lainnya yang masternya dibuat di dalam negeri.

(2)

Yang termasuk dalam pengertian kaset isi jenis B sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 ayat (1) huruf b adalah :

  1. Kaset lagu yang salah satu atau lebih penciptanya atau penyanyinya warga negara asing;

  2. Kaset lagu yang masternya dibuat di luar negeri;

  3. Kaset lagu instrumentalia yang salah satu atau lebih penciptanya warga negara asing;

  4. Kaset pelajaran bahasa asing.

(3)

Yang termasuk dalam pengertian compact disc jenis CD.1 sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1ayat (2) huruf a adalah :

  1. Compact disc lagu yang seluruh pencipta dan penyanyinya warga negara Indonesia, dan stampel/masternya dibuat di dalam negeri;

  2. Compact disc lagu instrumentalia yang seluruh penciptanya warga negara Indonesia, dan stampel/masternya dibuat di dalam negeri.

(4)

Yang termasuk dalam pengertian compact disc jenis CD.2 sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 ayat (2) huruf b adalah :

  1. Compact disc lagu yang salah satu atau lebih penciptanya atau penyanyinya warga negara asing;

  2. Compact disc lagu yang stampel/masternya dibuat di luar negeri;

  3. Compact disc instrumentalia yang salah satu atau lebih penciptanya warga negara asing;

  4. Compact disc pelajaran bahasa asing.

(5)

Yang termasuk dalam pengertian laser disc jenis LD.K sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 ayat (3) adalah semua jenis laser disc yang berisi lagu beserta tayangan gambar (LD Karaoke).

Pasal 3

(1)

Keputusan ini mulai berlaku untuk penebusan sticker PPN atas pita rekaman suara (kaset isi), rekaman suara/lagu di atas disc (compact disc), dan rekaman lagu/tayangan gambar di atas disc (laser disc) pada atau setelah tanggal 1 Juli 1996.

(2)

Dengan berlakunya Keputusan ini, Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-04/PJ.51/1994 tanggal 12 Januari 1994 dinyatakan tidak berlaku.

(3)

Sticker PPN atas pita rekaman suara (kaset isi) yang telah ditebus berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-04/PJ.51/1994 masih tetap dapat digunakan.

Ditetapkan di JAKARTA
Pada tanggal 20 Juni 1996
DIREKTUR JENDERAL PAJAK
ttd.

FUAD BAWAZIER

http://www.peraturanpajak.com
info@peraturanpajak.com
WA : 0812 932 70074
Iklan


Kategori:1996, Keputusan Direktur Jenderal Pajak, Lainnya

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: